Sabtu, 12 November 2011

Cara melihat Shutter Count untuk Kamera

,
Sikasep, Jika beberapa waktu lalu saya sudah menjelaskan bagaimana Cara melihat Shutter Count untuk kamera NIKON maka kali ini saya akan memberikan Cara melihat Shutter Count untuk Canon . Shutter Count merupakan ukuran berapa lama kamera digunakan (berapa kali jepret). Masing-masing tipe dari tiap prabikan biasanya mencantumkan maksimal shutter count-nya. Sebenarnya kamera DSLR masih bisa digunakan meskipun sudah melewati nilai shutter count maksimalnya, tetapi kemungkinan hasil yang diperoleh sudah tidak sebagus kondisi normalnya. Mungkin saja akurasi metering, fokus atau bahkan digital imaging prosesornya sudah tidak bisa bekerja secara maksimal. Ibarat motor kalau dipake terus kan juga perlu diservice rutin dan pasti ada spare part yang harus diganti. Maka dari itu lah perlunya kita mengetahui Shutter Count dari kamera kesayangan kita.

Selain untuk parameter kapan saatnya ganti kamera, shutter count juga perlu kita cek pada saat kita membeli kamera bekas, supaya ga salah beli. Semakin banyak shutter count harga pasti lebih rendah.

Ada 2 aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui shutter count kamera kesayangan kita (yang baru saya tau sih, hehhe.. )
EOSInfo

Aplikasi ini adalah kelanjutan dari aplikasi 40DShutterCount, digunakan untuk mengetahui shutter count kamera Canon EOS. Kelebihan EOSInfo dibanding 40DShutterCount adalah EOSInfo bisa dijalankan sendiri tanpa harus install EOS Utility dulu seperti 40DShutterCount. Jadi lebih simpel.
Cara menggunakan EOSInfo, tinggal install aplikasi ke komputer, sambungkan kamera ke komputer, kemudian jalankan EOSInfo, shutter count kamera Canon akan muncul pada EOSInfo. (mohon maaf tidak bisa mencantumkan contoh gambar karena ga punya kamera Canon).

0 komentar to “Cara melihat Shutter Count untuk Kamera”

Poskan Komentar

 

Masyarakat Foto Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates