Sabtu, 12 November 2011

Memotong Foto Dengan Corel Draw

,
Posted by sikasepberbagi On Minggu, 06 November 2011 0 komentar
Ilmu Grafis Tutorial CorelDraw ini membahas pengolahan gambar bitmap yaitu cara memotong foto di CorelDraw atau potong gambar dengan CorelDraw untuk olah foto gambar. Perlu dipahami bahwa CorelDraw adalah software pengolah vektor sehingga opsi untuk edit foto pada CorelDraw sangatlah sedikit meskipun masih bisa digunakan untuk pekerjaan sederhana seperti potong gambar ini.

Untuk memotong gambar pada CorelDraw ada beberapa cara dan trik yang bisa dilakukan, saya akan mencontohkan 4 cara. Kesemuanya akan sama hasilnya karena yang akan terlihat hanyalah gambar yang sudah terpotong demikian pula jika sudah di cetak pada print atau offset. Sebelumnya Anda wajib memasukkan gamabr yang akan dipotong ke dalam lebar kerja CorelDraw melalui import, kemudian barulah bisa kita lanjutkan untuk memotongnya. Cara untuk memotog gambar pada CorelDraw adalah sebagai berikut :

1. Menggunakan PowerClip

Powerclip sebenarnya digunakan untuk memasukkan gambar atau shape kedalam objek lainnya (akan lebih baik jika saling menimpa). Nah pertama kali untuk memotong gambar buat dulu shape dasar yang akan kita buat menjadi tempat / letak foto tersebut.
Langkah 1
Klik rectangle tool [ F6 ] yang ada pada toolbox. Klik dan geser pada lembar kerja sebesar apa yang Anda perlukan, kemudian letakkan di atas gambar menggunakan Pick Tool. Jika kotak Anda masih terlalu besar atau terlalu kecil trasformasi saja dengan cara klik geser pada kotak-kotak di sampingnya.
Langkah 2
Pilih gambar foto Anda dengan Pick Tool yang ada di toolbox. Kemudian klik menu Effects > PowerClip > Place Inside Container, setelah itu arahkan mouse Anda yang telah berubah ikonnya tersebut ke kotak yang dibuat pada langkah 1 dan klik tepat di kotak tersebut.
Tutorial CorelDraw
Secara default gambar atau foto akan masuk di tangah-tengah kotak persegi yang kita buat tadi.
Cara Memotong Foto di CorelDraw
Jika letak foto tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, maka edit saja letaknya dengan cara klik kanan pada hasil PowerClip, pilih Edit Content dan akhiri dengan klik kanan Finishing Editing this Level. Untuk menghilangkan atau menghapus warna garis klik kanan saja pada panel warna dengan ikon X paling atas.

2. Menggunakan Shape Tool

Menggunakan shape tool berarti kita bisa mengolahnya dengan berbagai bentuk. Ingat, shape tool digunakan untuk mengedit kurva atau membuat shape menjadi lengkung. Meskipun demikian, shape tool juga bisa digunakan untuk mengubah shape lengkung menjadi lurus.
Langkah 1
Pilih shape tool, kemudian klik pada foto. Kemudian sorot foto tersebut mulai ujung kiri atas sampai ujung kiri bawah. Pindahkan kotak paling pojok ke kanan (klik dan geser sambil menekan tombol CTRL atau menggunakan keyboard panah kanan kiri atas bawah) sesuikan letaknya dengan yang Anda mau, demikian pula Anda dapat menyorotnya pada bagian lain (ada dua titik yang terpilih).
Cara Memotong Foto di CorelDraw
Cara Memotong Foto di CorelDraw 7
Jika Anda menghendaki untuk untuk membuat bentuk lengkung maka Anda wajib membaca artikel cara menggunakan Shape tool pada artikel berikut.

3. Menggunakan Trim (dan tool sejenis)

Objek seperti shape, line, kurva, dan objek bitmap bisa dipotong menggunakan trim dan sekaligus tool yang berada pada group tersebut. Caranya hampir mirip dengan cara pertama namun dengan syarat wajib objek menimpa foto (ada di atasnya). Dalam kata lain kita akan menggunakan objek lain (bisa kurva atau shape atau foto lain).
Langkah 1
Buat objek kotak dengan Rectangle Tool dengan menimpa foto
Cara Memotong Foto di CorelDraw
Langkah 2
Pilih pick tool kemudian sambil menekan tombol SHIFT klik pada foto, selanjutnya potong menggunakan trim yang ada pada properties.
Cara Memotong Foto di CorelDraw
Langkah 3
Ulang langkah satu sampai dua sampai Anda mendapatkan Apa yang Anda inginkan.

4. Menggunakan Crop Tool

Menggunakan Crop tool untuk memotong foto adalah alat paling tepat untuk memotong foto dengan bentuk kotak, berbeda dengan shape tool yang bisa digunakan secara melengkung sehingga bisa dibentuk sedemikian rupa hingga membentuk frame artistik. Ada lagi kekurangan yang sekaligus menjadi kelebihan Crop Tool adalah jika Anda sudah memotong objeknya tidak bisa dikembalikan alias benar-benar dipotong (hanya bisa dengan cara undo).
Caranya, pilih crop tool pada toolbox, sorot area yang akan dipotong. Sesuaikan letak atas bawah kanan kiri dengan cara klik drag pada kotak-kotak disekelilingnya. Untuk memutar area crop tekan sekali pada area crop tersebut sehingga mode rotasi menjadi aktif yang ditandai kotak-kota yang mengitari berubah menjadi ikon arah putar. Untuk mengakhiri tekan klik dobel pada area Crop.
Cara Memotong Foto di CorelDraw

0 komentar to “Memotong Foto Dengan Corel Draw”

Posting Komentar

 

Masyarakat Foto Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates